5 Gedung Pernikahan Terpopuler di Surabaya

Surabaya sebagai kota besar tentunya memiliki gedung-gedung serbaguna yang bisa dijakian untuk acara pernikahan. Namun meskipun banyak, ada beberapa gedung pernikahan yang sangat popular di Surabaya. Saking populernya calon pengantin bahkan harus melakukan booking jauh-jauh hari sebelumnya. Berikut 5 gedung pernikahan terpopuler di Surabaya

Baca Juga : 5 Lokasi Keren untuk Prewedding di Surabaya

  1. Grha Barunawati

Berlokasi di Jl. Laksda M. Nasir 10F Perak Barat, Krembangan, Surabaya, gedung milik yayasan Barunawati ini adalah salah satu gedung dengan arsitektur klasik dan megah. Tampilan luar bergaya eropa klasik berpadu dengan bagian dalam gedung yang modern sangat cocok bagi kalian yang menginginkan pernikahan modern, mewah dan elegan.

Meskipun tidak berada di pusat kota Surabaya, gedung dengan kapasitas lebih dari 1000 orang ini relatif strategis dan mudah diakses karena berada persis di dekat jalan tol perak. Tempat parkir yang luas dan nyaman bisa menjadi nilai plus dari gedung ini. Selain itu fasilitas penunjang dalam melaksanakan pesta pernikahan pun juga cukup lengkap atara lain AC central, ruang make up,  kursi hingga panggung.

Dengan desain arsitektur yang megah dan mewah, serta fasilitas gedung yang cukup lengkap harga yang ditawarkan juga cukup fantastis yakni berkisar 20 juta rupiah untuk empat jam penggunaan. Selain itu gedung disewakan sebanyak dua kali dalam sehari yakni siang dan malam sehingga apabila ingin menggunakan dkorasi yang heboh dan rumit harus dipersiapkan matang-matang.

Kelebihan :

– Arsitektur klasik dan modern, cocok untuk pernikahan dengan konsep modern

– Kapasitas gedung cukup besar dan bisa menampung lebih dari 1000 orang

– Fasilitas pendukung yang cukup lengkap

– Area parkir yang sangat luas

– Akses mudah karena dekat dengan jalan tol Perak

Kekurangan :

– Harga relative cukup mahal 20 juta rupiah untuk 4 jam pemakain

– Lokasi cukup jauh tidak berada di pusat kota

– Dalam satu hari bisa ada dua acara di dalam satu gedung sehingga untuk dekorasi yang besar dan rumit harus dipikirkan dengan baik.

 

  1. Graha Samudera Bumimoro

Graha Samudera Bumimoro merupakan salah satu gedung pernikahan yang berada di komplek Komando Pendidikan TNI Angkatan Laut Bumimoro. Lokasi gedung cukup mudah dijangkau oleh tamu undangan yang berkendara dengan mobil karena sangat dekat dengan tol Perak, namun untuk tamu yang menggunakan kendaraan roda dua harus mengambil jalan berputar untuk sampai di lokasi tersebut.

Arsitektur gedung yang modern dengan ornamen ukiran kayu, sangat cocok bagi kalian yang merencanakan pernikahan dengan konsep tradisional. Selain itu, fasilitas yang ada pada gedung dengan kapasitas hingga 2000 orang ini sangat lengkap mulai dari aula gedung utama, ruang rias untuk putra dan putri, ruang pantry, ruang artis, hingga ruangan VIP. Tempat parkir juga sangat luas dan nyaman.

Dengan kapasitas gedung yang besar serta fasilitas yang sangat lengkap, wajar jika gedung yang beralamat di Jl. Morokrembangan ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi yang berkisar di angka 40 juta rupiah. Namun bagi keluarga anggota TNI bisa mendapatkan potongan khusus jika berencana menggunakan gedung ini.

Kelebihan :

  • Kapasitas gedung sangat besar hingga 2000 orang
  • Fasilitas gedung sangat legkap mulai ruang rias, ruang artis, pantry hingga ruangan VIP
  • Tempat parkir yang sangat luas dan nyaman

Kekurangan :

  • Harga relatif cukup tinggi yakni berkisar 40 juta rupiah namun bisa memperoleh potongan jika dari anggota TNI
  • Akses relatif cukup sulit bagi tamu dengan kendaraan roda dua karena harus mengambil jalan berputar untuk sampai ke lokasi.
  • Dalam satu hari bisa ada dua acara pernikahan sehingga persiapan harus benar-benar matang
  1. Islamic Center Surabaya

Islamic Center Surabaya

Gedung pernikahan yang terletak si Surabaya Barat ini merupakan lokasi favorit warga Surabaya untuk melangsungkan pesta pernikahan. Untuk melaksanakan pesta pernikahan di sini, pemesanan gedung harus dilakukan paling tidak 7-12 bulan sebelum tanggal acara. Terlebih jika pernikahan di langsungkan pada bulan-bulan ramai pernikahan. JIka melakukan pemesanan mepet dengan tanggal pernikahan maka hamper bisa dipastikan tidak akan bisa mendapatkan gedung ini.

Tempat parkir yang luas, sarana pendukung pernikahan yang sudah tersedia, lokasi yang strategis serta gedung yang cukup luas adalah beberapa alasan gedung yang beralamat di Jl. Dukuh Kupang 122-124 ini. Selain itu, harga sewa gedung berkapasitas hingga 1500 orang ini relative lebih rendah jika dibandingkan dengan gedung lain yang memiliki kapasitas besar.

Namun sayangnya gedung ini memiliki arsitektur langit-langit yang tinggi sehingga membutuhkan dekorasi yang mampu menutupnya agar gedung tidak terlihat kosong. Dengan begitu biaya dekorasi bisa menjadi sedikit membengkak dan waktu yang lebih lama disbanding degan dekorasi standar. Untuk waktu lama kalian tidak perlu khawatir dikarenakan di Islamic Center Surabaya ini hanya ada satu acara pernikahan setiap harinya sehingga waktu untuk dekorasi tidak terlalu terburu-buru.

Kelebihan

  • Kapasitas gedung cukup luas menampung hingga lebih dari 1500 orang
  • Harga cukup murah untuk kapasitas gedung yang besar
  • Tempat parkir yang luas serta sarana lain yang sudah cukup lengkap
  • Hanya ada satu acara setiap harinya sehingga waktu untuk dekorasi menjadi lebih panjang

Kekurangan

  • Karena merupakan lokasi favorit, pemesanan gedung harus dilakukan jauh-jauh hari
  • Langit-langit gedung yang tinggi sehingga membutuhkan dekorasi tambahan supaya gedung tidak terlihat melompong
 
  1. Gedung Convention Hall Arif Rahman Hakim

Terletak di lokasi yang strategis di daerah Surabaya Timur, gedung serbaguna milik Pemkot Surabaya ini adalah gedung favorit warga Surabaya dalam menggelar pesta pernikahan. Alasan utamanya adalah karena biaya yang harus dikeluarkan untuk menggelar pesta pernikahan di sini cukup murah. Selain itu dengan biaya yang cukup murah sudah mendapat fasilitas pendukung lain seperti panggung, ruang make up dan ruang VIP, serta lahan parkir yang sangat luas.

Gedung yang beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim 131-133, Keputih Sukolilo ini dibagi menjadi tiga bagian yang dipisahkan oleh sekat yang bisa dibuka. Jika seluruh gedung dipergunakan, maka bisa menampung tamu undangan hingga 1500 orang banyaknya. Cukup murah untuk gedung dengan kapasitas besar seperti itu di Surabaya. Namun jika tamu undangan tidak terlalu banyak maka bisa menggunakan satu hingga 2 bagian gedung saja.

Dengan harga yang cukup murah, fasilitas yang cukup lengkap serta lokasi yang strategis ini bisa dipastikan banyak pasangan yang ingin mengadakan pesta pernikahannya di gedung ini. Tidak jarang gedung di pesan satu hingga satu setengah tahun sebelum tanggal pernikahannya.

Dengan padatnya jadwal pesta pernikahan yang dilakukan di gedung ini, beberapa fasilitas menjadi kurang terawat dengan baik. Misalkan pintu ruang rias yang tidak memiliki gembok, pintu yang sudah mulai rusak hingga beberapa sisi gedung yang catnya mulai mengelupas. Sebenarnya hal ini bukan menjadi masalah yang besar jika bisa didiskusikan dengan keluarga, vendor maupun wedding planner kalian.

Baca Juga : Peran Penting Wedding Organizer dalam Pernikahan

                  Tips Memilih Wedding Organizer

Kelebihan

  • Lokasi yang strategis
  • Kapasitas gedung yang luas hingga 1500 orang (jika semua bagian gedung dipergunakan)
  • Harga yang cukup murah

Kekurangan

  • Banyak peminat sehingga pemesanan gedung harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan
  • Beberapa fasilitas gedung kurang bagus
  • Dalam satu hari bisa ada dua pernikahan (siang – malam)
  1. Masjid Al-Akbar Surabaya

Tidak hanya tempat favorit untuk melaksanakan akad nikah saja, Masjid Al-Akbar Surabaya juga menjadi favorit untuk melaksanakan pesta pernikahan. Ada dua ruangan di lantai dua masjid yang bernama As-Shofa dan Al-Marwah yang bisa dipergunakan untuk mengadakan pesta pernikahan. Meskipun terdapat dua ruangan dan dua acara pernikahan dalam satu hari, nyatanya masih cukup susah jika tidak memesan jauh-jauh hari sebelumnya.

Kapasitas ruangan yang disewakan cukup luas, bisa menampung lebih dari 1000 orang. Selain itu fasilitas pendukung yang disediakan juga cukup lengkap antara lain ruang make up, ruang tunggu, panggung, hingga eskalator untuk naik ke lantai dua.

Mengingat fungsi utama masjid adalah sebagai tempat ibadah, maka banyak hal yang harus diperhatikan ketika menggelar pernikahan di Masjid Nasional ini. Beberapa diantaranya adalah mengenai busana yang dikenakan oleh mempelai haruslah busana yang tertutup. Tidak diperkenankan mengenakan baju tradisional dodotan yang cukup terbuka untuk dikenakan. Selain itu pihak masjid akan mematikan sound ketika sudah mulai memasuki waktu sholat berjamaah.

Kelebihan

  • Lokasi sangat strategis dan relatif mudah untuk ditemukan
  • Ruangan yang luas serta fasilitas pendukung yang cukup lengkap

Kekurangan

  • Terdapat dua ruangan dalam satu lantai, jika ada acara perikahan lain dikhawatirkan tamu undangan salah memasuki ruangan
  • Bisa ada dua pernikahan dalam satu hari sehingga membutuhkan manajemen waktu yang sangat baik untuk dekorasi maupun catering
  • Sound akan dimatikan ketika sudah memasuki waktu sholat berjamaah sehingga mungkin akan menimbulkan suasana yang hening ditengah acara.

Setiap gedung pernikahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Diskusikan dengan keluarga atau Wedding Planner untuk memperoleh pandangan lain dalam menentukan gedung yang pas baik dari segi harga, lokasi, fasilitas, hingga dekorasi nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *