persiapan pernikahan

Daftar Persiapan yang Harus dibuat Calon Pengantin

Mempersiapkan satu hari besar dalam hidup bukanlah suatu hal yang mudah. Keinginan dari kedua belah pihak keluarga yang tidak jarang berbeda pendapat akan membuat calon pengantin begitu stress dalam persiapan pernikahannya. Belum lagi waktu persiapan yang singkat juga bisa menambah beban dalam mempersiapkan pernikahan. Oleh karenanya ada baiknya setiap calon pengantin membuat jadwal persiapan pernikahannya sedini mungkin agar tidak ada yang terlewat dalam persiapan pernikahannya. Apa saja daftar persiapan yang harus dibuat calon pengantin itu.

Berikut kami jabarkan daftar persiapan atau wedding planning checklist yang harus dibuat oleh setiap calon pengantin menjelang hari pernikahannya.

      1. Estimasi tanggal pernikahan
        Menentukan tanggal pernikahan ada dalam daftar pertama yang harus dilakukan. Tentukan estimasi tanggal pernikahan dengan kedua keluarga agar terjadi komunikasi yang bagus atara kedua belah keluarga karena tidak jarang orang tua juga memilki saran atau permintaan mengenai tanggal pernikahan.
      2. Tentukan tema pernikahan
        Setelah mendapatkan tanggal pernikahan yang pas, tentukan tema pernikahan. Kalian bisa mendiskusikan tema dengan kedua keluarga agar terjadi kesepakatan di awal mengenai tema yang akan digunakan agar tidak terjadi miss komunikasi di kemudian hari.
        Baca Juga : Tren Pernikahan 2020
      3. Menentukan Budget
        Dengan tema yang sudah dipilih kalian bisa menentukan berapa budget yang digunakan untuk memilih vendor yang sesuai dengan tema pernikahan kalian terlebih jika budget pernikahan tidak seratus persen dari kalian.
        Baca Juga : Tips Menentukan Anggaran Biaya Pernikahan
      4. Jumlah Undangan
        Dalam menentukan jumlah undangan ada baiknya kalian berdiskusi dengan orang tua dan pasangan. Berikan pengertian kepada orang tua terlebih jika kalian ingin menggelar pernikahan yang intim dan sederhana. Persiapkan undangan setidaknya dua bulan sebelum tanggal pernikahan dengan estimasi cetak dan revisi yang bisa memakan waktu hingga satu bulan lebih
      5. Venue Pernikahan
        Dari jumlah undangan yang didapat, maka kalian bisa menentukan venue atau tempat dilangsungkannya pernikahan yang memiliki kapasaitas sesuai dengan tamu yang diundang.
      6. Mencari Baju pernikahan
        Untuk urusan baju pengantin kembali kepada keinginan kalian sendiri. Jika kalian ingin praktis dan simple kalian bisa menyewa baju pengantin yang sesuai dengan tema atau menjahitkan baju pengantin jika kalian ingin sesuatuyang bisa untuk dikenang.
        Pilihlah vendor yang tepat agar tidak kecewa ketika memakainya pada hari pernikahan nantinya.
      7. Dekorasi
        Jika sudah menentukan tema diawal, maka tidak akan sulit untuk menentukan dekorasi yang akan digunakan nantinya
      8. Souvenir
        Persiapan souveir yang memorabilia tentunya membutuhkan waktu dalam proses produksinya, kalian bisa memesan 2-3 bulan sebelum tanggal pernikahan. Namun jika waktu yang dimiliki sangat mepet sebaiknya kalian memilih souvenir yang memang sudah tersedia dalam jumlah banyak di pasar-pasar tradisional
        eco friendly decoration
      9. Cincin pernikahan
        Saat ini mencari cincin pernikahan bukanlah hal yang sulit, namun harus tetap dipersiapkan. Dipasaran banyak yang menjual cincin-cincin pernikahan tanpa harus dipesan terlebih dahulu. Jika kalian ingin membuat terlihat personal kalian bisa menambahkan grafir nama pada cincinnya.
      10. Mengurus dokumen pernikahan
        Supaya pernikahan kalian dicatat dan diresmikan oleh negara perlu adanya pengurusan dokumen pernikahan. Ada baiknya pengurusan dokumen pernikahan dilakukan dalam rentang 2-3 bulan sebelum pernikahan supaya semuanya berjalan dengan rapi dan teratur
        Baca Juga : Cara Pendaftaran Pernikahan di KUA

      Demikian daftar persiapan yang harus dibuat calon pengantin. Sebaiknya kalian sudah menyelesaikannya satu atau dua minggu sebelum hari-H pernikahan agar kalian bisa lebih bersantai menikmati hari-hari terakhir masa-masa lajang kalian sebelum berganti status. Kalian bisa mendapatkan wedding planner guide book dengan mengisi form dan kami akan mengirimkannya untuk anda GRATIS untuk dapat dimanfaatkan sebagai panduan pernikahan kalian.

      Baca Juga : Peran Penting Wedding Organizer dalam Pernikahan

      Namun jika kalian susah untuk membuat rencana persiapan ada baiknya kalian menggunakan jasa Wedding Planner yang akan membantu dalam proses pernikahan kalian. Halo Jiva Wedding planner akan membantu kalian mulai dari persiapan menentukan tema pernikahan, budgeting, pemilihan vendor hingga pengurusan dokumen pernikahan. Sehingga bagi kalian yang hanya memiliki sedikit waktu luang tidak akan terganggu waktu dan tenaganya untuk mengurusi persiapan pernikahan kalian. Maka diskusikanlah dengan kami sekaranag juga pernikahan impian kalian. You Dream it, We Make it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.