pedang pora militer

Pedang Pora, Tradisi Melepas Lajang Perwira Militer

Jika kalian pernah menghadiri acara pernikahan seorang perwira militer, biasanya akan ada sebuah upacara sebelum acara dimulai. Upacara tersebut dikenal dengan nama Pedang Pora. Pedang pora merupakan tradisi melepas lajang bagi seorang perwira militer. 

Pedang Pora perwira kepolisian

Pedang Pora berasal dari kata Pedang Pura atau Gapura Pedang. Pedang Pora tidak hanya dilakukan untuk para lulusan Akmil saja tetapi juga anggota AAU, AAL, Akpol serta seluruh perwira. Singkatnya bahawa upacara Pedang Pora hanya boleh dilakukan oleh seorang perwira militer yang masih aktif baik itu dari TNI maupun POLRI.

Upacara Pedang Pora hanya dilakukan seumur hidup sekali. Jadi jika perwira tersebut seorang duda dan menikah lagi maka pedang pora tidak akan dilakukan. Selain itu Pedang Pora hanya dilakukan oleh perwira pria. Untuk perwira wanita boleh melaksanakan upacara pedang pora jika menikah dengan seorang perwira juga.

Bagaimana jika anggota militer tersebut bukan seorang perwira? Mereka tetap bisa melakukan prosesi militer yang mirip dengan Pedang Pora. Untuk Bintara disebut Sangkur Pora sedangkan untu Tamtama disebut Hasta Pora. Acara tersebut dimaksudkan untuk menghormati sesama rekan militer yang melepas masa lajangnya.

Baca Juga : Asal Usul Lempar Bunga dalam Pernikahan

 

prosesi pedang pora akademi pelayaran

Prosesi Pedang Pora

Prosesi ini diawali dengan formasi berbaris 12 orang dengan seragam lengkap dan memegang pedang. Kemudian Komandan Regu melapor kepada mempelai bahwa Pedang Pora telah siap. Ketika Komandan Regu Tersebut melapor, dan pengantin mulai berjalan melewati pedang-pedang menyilang membentuk gapura yang dilakukan oleh para anggota pasukan tersebut.

pedang pora

Setelah sampai di area yang telah ditentukan, para anggota pasukan akan membentuk sebuah formasi yang kemudian di tengah formasi tersebut dilangsungkan penyematan cincin pernikahan, penyerahan seperangkat pakaian sergam Persatuan Istri Tentara (Persit) pada pengantin wanita. Setelah dilaksanakan prosesi-prosesi tersebut, kemudian sang pengantin dipersilahkan untuk menuju ke pelaminan.

Baca Juga : Tips Menentukan Anggaran Biaya Pernikahan

Tujuan dan Makna Upacara Pedang Pora

Upacara Pedang Pora yang sudah dilakukan secara turun temurun di dunia kemiliteran ini melambangkan solidaritas, persaudaraan, serta permohonan perlindungan kepada Tuhan selain juga mengenalkan kepada istri mengenai kehidupan dunia militer. Jajaran formasi yang membentuk Gapura Pedang ini melambangkan kedua pengantin yang telah siap untuk memasuki gerbang kehidupan yang baru.

Pedang yang terhunus membentuk gapura melambangkan sikap dan jiwa kesatria kedua mempelai yang akan selalu siap mengatasi segala halangan dan rintangan dalam kehidupan pernikahan mereka nantinya. Ketika kedua mempelai melewati gapura pedang menjadi cerminan doa agar kedua mempelai mempu selalu bergandengan tangan mengatasi semua rintangan. Sedangkan formasi berbanjar para anggota pasukan melambangkan rasa gembira junior atas kebahagiaan kakak seniornya sekaligus menyatakan loyalitas mereka.

Jika dilihat, pedang pora, tradisi melepas lajang bagi perwira militer ini sarat akan makna. Proses pernikahan yang sarat makna tidak hanya ditemui pada upacara Pedang Pora saja. Setiap daerah pastinya memiliki prosesi pernikahan yang sarat akan makna. Meskipun berbeda-beda akan tata cara pelaksanaannya, namun tujuan mereka tetap sama yakni mendoakan kebahagiaan serta kebaikan untuk kedua mempelai.

Baca Juga : Tata Cara Upacara Panggih Adat Solo

                 Tata Cara Upacara Panggih Adat Jogja

Untuk menjalankan sebuah prosesi pastinya dibutuhkan persiapan serta waktu yang tepat agar tidak mengganggu acara-acara lainnya. Halo Jiva Wedding Planner siap membantu kalian untuk mempersiapkan jalannya acara. Persiapan  yang baik dan tepat akan membuat acara semakin lancar dan berkesan. Tidak hanya pengantin yang gembira, para tamu undangan yang hadir juga akan senang dengan acara yang lancar dan menarik. Segera rencanakan pernikahan impian kalian bersama Halo Jiva. You Dream it, We Make it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.