Tips Lamaran Seru Tetap Hemat Budget



Pada tradisi serta adat pernikahan daerah tertentu, lamaran atau tunangan adalah bagian wajib dari pernikahan. Boleh dibilang lamaran adalah sarana terbaik untuk mengenal keluarga dari kedua calon mempelai. Sehingga lamaran menjadi sebuah momen spesial tersendiri yang pastinya ingin dikenang dan dirayakan sebaik mungkin. Tidak selalu membuat acara lamaran yang seru dan berkesan harus mengeluarkan budget yang besar dan membuat stres dalam persiapannya. Berikut tips lamaran seru namun tetap hemat budget.

Lokasi atau Venue

Mengadakan acara lamaran di rumah sangat bisa menghemat pengeluaran yang jauh lebih besar dibanding mengadakan acara lamaran di hotel maupun restoran. Namun jika kondisi yang tidak memungkinkan dan harus mengadakan acara lamaran di restoran atau hotel, kalian harus bisa jeli untuk memilih lokasi yang tepat.

Pilihlah lokasi dengan harga yang lebih bersahabat dengan ukuran ruangan secukupnya, tidak terlalu luas namun juga tidak terlalu sempit. Untuk urusan dekorasi kalian bisa bernego dengan pihak venue mengenai paket yang tersedia sehingga meskipun harga sedikit mahal tidak akan menjadi masalah karena kalian tidak perlu memikirkan untuk mengeluarkan biaya dekorasi lagi.

Baca Juga : Tips Menentukan Anggaran Biaya Pernikahan

Selektif dengan Tamu

Lamaran tergolong acara yang bersifat private yang khidmat dan kekeluargaan. Jadi sangat wajar jika kalian akan sangat selektif mengenai siapa saja tamu yang akan diundang dalam acara tersebut. Cukup ikut sertakan keluarga inti, sahabat dekat dan segelintir orang yang kalian hormati yang harus ada dalam acara tersebut. Sedangkan untuk pengenalan keluarga besar bisa dilakukan pada saat malamĀ midodareni atau pada hari H pernikahan.

Rangkaian Acara

Acara lamaran lebih fokus kepada hubungan silaturahmi serta pengenalan kedua keluarga calon mempelai, maka dari itu hindarilah acara yang bertele-tele. Acara hiburan yang mengeluarkan budget berlebih seperti band atau hiburan lainnya bisa kalianĀ skip. Buat susunan acara yang padat, intim namun penuh khidmat. Untuk hiburan bisa diganti dengan suasana yang lebih bersifat kekeluargaan seperti bercengkrama atau games kecil.

Konsumsi Kekeluargaan

Baca Juga : Tips Memiih Vendor Catering Pernikahan

Jika kalian mengadakan acara di restoran atau hotel, biasanya akan ada peraturan yang melarang untuk membawa makanan dari luar. Namun cobalah untuk mendiskusikan dengan pihak venue untuk makanan kecil atau pencuci mulut bisa didatangkan sendiri. Karena biasanya sudah menjadi tradisi jika acara lamaran akan diikuti dengan hadiah-hadiah makanan dari tetangga atau saudara.

Minta Bantuan

Yang terakhir, jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman atau keluarga sebagai seksi sibuk yang mampu mengatur acara, dokumentasi, atau dekorasi maupun undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *