menentukan anggaran biaya pernikahan

Tips Menentukan Anggaran Biaya Pernikahan

Menentukan biaya pernikahan adalah hal yang sangat krusial dalam daftar persiapan pernikahan. Setelah menentukan tanggal pernikahan hal yang harus dilakukan adalah menentukan besaran budget yang akan digunakan agar kita sebagai calon pengantin bisa menentukan venue maupun konsep pernikahan yang sesuai dengan budget tersebut. Lantas bagaimana tips menentukan anggaran biaya pernikahan agar tidak berlebihan.

Baca Juga : Mengelola Stres Menjelang Pernikahan

Kadang kala calon pengantin memaksakan untuk memilih venue serta menggunakan vendor yang menjadi impian mereka tanpa memperhatikan besaran budget yang tersedia. Hal yang ditakutkan adalah untuk menutup kekurangan tersebut calon pengantin terpaksa berhutang. Tidak enak bukan setelah selesai acara pernikahan tetapi masih memikirkan bagaimana cara mengembalikan pinjaman-pinjaman. Sedangkan kebutuhan setelah pernikahan jauh lebih besar daripada biaya pesta pernikahannya sendiri.

Bagi calon pengantin yang menggunakan jasa Wedding Planner,  sebaiknya terbuka mengenai besaran budget yang mereka miliki. Karena Wedding Planner yang baik akan membantu dalam menyesuaikan budget yang dimiliki oleh klien untuk mendapatkan vendor terbaik untuk pernikahannya. 

Baca Juga : Daftar Persiapan yang Harus Dilakukan Calon Pengantin

Biaya terbesar yang harus dikeluarkan pada saat pernikahan adalah biaya catering. Besar biaya untuk menjamu tamu undangan ini bisa mencapai lebih dari 50% tergantung jumlah undangan yang disebar. Kemudian dekorasi dan tempat, makeup, pakaian, dokumentasi dan biaya-biaya lainnya.

Baca Juga : Tips Memilih Vendor Catering Pernikahan

Untuk lebih mudahnya berikut contoh rincian anggaran biaya pernikahan yang bisa digunakan sebagai panduan dalam menentukan dalam pembuatan budget pernikahan

  • 40% Biaya catering/makanan
  • 20% Biaya dekorasi dan Venue
  • 10% Biaya pakaian dan Makeup
  • 8%  Biaya dokumentasi (foto & video)
  • 7%  Biaya MC dan Hiburan
  • 5%  Biaya Souveir dan Undangan
  • 5%  Biaya Akad nikah/Pemberkatan (Cincin Nikah, Mahar, dsb)
  • 5%  Biaya Lain-lain (transportasi, technical meeting)

Sebagai catatan tambahan kebanyakan pasangan akan mengalami kelebihan budget sebesar 10-15%, oleh karenanya sisakan kurang lebih 10% dari total budget untuk biaya yang tidak terduga.

Demikian tips menentukan anggaran biaya pernikahan. Semoga membantu kalian dalam menentukan budget untuk pernikahan impian kalian.

Baca Juga : Tips Memilih Wedding Organizer

Jika kalian masih bingung dalam menentukan jumlah budget atau bagaimana mengelola biaya dengan baik kami Halo Jiva siap membantu dalam hal budgeting pernikahan. Konsultasikan pernikahan impian kalian kepada kami dan kami akan membantu kalian dalam mewujudkan pernikahan impian kalian sesuai dengan budget yang kalian miliki. You Dream it, We Make it

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.