memilih gedung pernikahan yang tepat

Tips Menentukan Gedung Pernikahan

Mengadakan pesta pernikahan di gedung merupakan salah satu gaya hidup modern. Selain mudah dan praktis, melaksanakan pernikahan di gedung juga memiliki prestise tersendiri jika dibandingkan melaksanakannya di rumah. Namun memilih gedung tidak harus serta merta ditentukan seenak hati, memilih gedung pernikahan yang tepat bisa menjadi pendukung pernikahan yang berjalan dengan baik dan berkesan. Berikut tips dalam memilih gedung pernikahan yang tepat.

Tentukan Tanggal Pernikahan

Hal paling utama dalam memilih gedung adalah menentukan tanggal pernikahan yang sudah pasti. Jika masih dalam tahap perundingan dengan keluarga mengenai tanggal pasti pernikahan ada baiknya tidak terlalu cepat memesan gedung, karena dikhawatirkan jika sudah dipesan akan susah jika ada perubahan mengenai waktu pelaksanaan pernikahan.

Baca Juga : Daftar Persiapan yang Harus dibuat Calon Pengantin

Lokasi yang Strategis

gedung pernikahan

Lokasi yang strategis merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih gedung pernikahan yang tepat. Dengan memilih gedung yang strategis dan mudah dijangkau, besar kemungkinan para tamu undangan akan datang ke acara pernikahan kalian karena tidak menemukan kendala berarti. Sebaliknya, jika memilih gedung yang lokasinya sulit untuk dijangkau tamu undangan , tidak menutup kemungkinan para tamu undangan akan mengurungkan niatnya untuk datang ke acara perikahan kalian. Jadi sebaiknya upayakan untuk memilih gedung yang memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau

Perkirakan Jumlah Tamu yang Akan Diundang

tamu undangan pernikahan

Akan sangat mubazir rasanya jika kalian menyewa gedung yang memiliki kapasitas besar namun jumlah tamu undangan yang diundang hanya sedikit. Gedung akan terlihat sedikit sepi sehingga bisa berakibat menurunkan mood pengantin dan keluarga. Selain itu gedung yang besar biasanya memiliki tarif yang cukup besar untuk menyewanya. Namun sebaliknya jika gedung yang digunakan kecil sedangkan tamu undangan yang datang cukup banyak maka keadaan ini bisa mengakibatkan kedaan yang kurang nyaman bagi tamu undangan karena harus berdesakan dengan tamu undangan yang lain. Oleh karena itu lebih baik hitung terlebih dahulu berapa jumlah tamu yang akan diundang

Kumpulkan Informasi Selengkap-Lengkapnya

Informasi mengenai gedung bisa didapatkan melalui intenet, teman maupun kerabat atau bisa juga dengan mengunjungi pameran-pameran yang sering diikuti oleh vendor gedung pernikahan. Kumpulkan informasi mengenai kapasitas gedung serta fasilitas lain yang didapatkan misalkan tempat parkir, ruang make up, ruang tunggu, toilet, sound system serta fasilitas penunjang lainnya. Karena fasilitas-fasilitas tersebut sangat mempengaruhi kenyamanan kalian serta para tamu undangan.

Baca Juga : Peran Penting Wedding Organizer dalam Pernikahan

Survey Langsung

Luangkan waktu kalian untuk mendatangi langsung lokasi gedung yang kalian inginkan. Dengan melakukan survey secara langsung kalian bisa melihat kondisi geung serta fasilitas penunjang lainnya. Suatu kebetulan jika ketika kalian melakukan survey bertepatan pada saat gedung sedang dipakai untuk acara pernikahan.

Kalian bisa melihat secara langsung mengenai bagaimana penataan catering serta dekorasi, posisi band hingga suasana luar gedung seperti pengaturan parkir dan sebagainya. Dengan begitu kalan memiliki informasi tambahan yang bisa digunakan sebagai gambaran dalam menentukan tema dan dekorasi yang akan kalian gunakan dalam pernikahan kalian.

Sesuaikan Dengan Budget

Pastikan harga sewa gedung masih masuk dalam anggaran pernikahan kalian. Jika sudah berusaha maksimal namun masih belum menemukan harga yang sesuai dengan anggaran, lebih baik memilih gedung dengan harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki fasilitas penunjang yang paling lengkap. Dengan begitu, kalian bisa lebih bijak untuk mengatur pos lain untuk menutup kekurangan sewa gedung. Jika kalian membutuhkan pertimbangan lain bisa didiskusikan dengan wedding planner yang membantu pernikahan kalian.

Baca juga: Tips Menentukan Anggaran Biaya Pernikahan

Cepat Ambil Keputusan dan Pesan Segera

Jika semua pertimbangan di atas sudah dipenuhi dan kalian semua sudah yakin dan sepakat ada baiknya segera lakukan pemesanan gedung tersebut untuk tanggal pernikahan kalian. Lakukan pembayaran uang muka sesuai peraturan yang ditetapkan oleh pihak gedung sebagai kepastian jika anda akan menyewa gedung tersebut di hari yang sudah di tentukan. Dengan begitu, urusan mendapatkan gedung pernikahan sudah selesai sehingga kalian bisa memfokuskan diri untuk mempersiapkan hal lainnya.

Yang perlu diingat bahwa perlu kejelian dan kehati-hatian dalam memilih gedung pernikahan. Ketidak hati-hatian dalam memilih gedung bisa berakibat kepada membengkaknya budget pernikahan. Pertimbangkan serta diskusikan dengan baik bersama keluarga maupun Wedding Planner kalian agar bisa menentukan besaran budget yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.